Ridwan Kamil Minta Kemenag Bantu Tangani Penyebaran Covid-19 di Pesantren

Agung Bakti Sarasa · Jumat, 02 Oktober 2020 - 10:01:00 WIB
Ridwan Kamil Minta Kemenag Bantu Tangani Penyebaran Covid-19 di Pesantren
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto Antara).

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta Kementerian Agama (Kemenag) membantu mengatasi penyebaran Covid-19 di pesantren. Saat ini penanganan Covid-19 membutuhkan tes swab dan pelacakan kontak erat untuk menekan potensi penularan virus corona.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengusulkan dana Rp2,6 triliun dari Kemenag yang sedianya digunakan membangun infrastruktur untuk pencegahan Covid-19 di pesantren.

Usulan tersebut juga disampaikan Kang Emil dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19 di lingkungan pesantren bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar yang digelar secara virtual dari Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Rabu (30/9/2020)

"Saya sampaikan juga ke pemerintah pusat bahwa ada dana Rp2,6 triliun itu kalau boleh kebijakan penggunaannya bisa dikaji ulang, tidak hanya ke infrastruktur. Tapi ke penanganan Covid-19 yang sifatnya urgen, yaitu pengetesan swab ataupun tracing," katanya.

Meski begitu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar itu mengaku, usulan tersebut sepenuhnya diserahkan kepada pemerintah pusat. Pasalnya, kewenangan pengalihan anggaran tersenyum merupakan domain Pemerintah Pusat melalui Kemenag.

"Tapi kewenangannya ada di pemerintah pusat melalui Kementerian Agama," katanya.

Editor : Faieq Hidayat