Ridwan Kamil: Keterwakilan Perempuan di Parlemen Dorong Kebijakan Responsif

Nani Suherni ยท Selasa, 27 April 2021 - 10:05:00 WIB
Ridwan Kamil: Keterwakilan Perempuan di Parlemen Dorong Kebijakan Responsif
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong DPD Kaukus Perempuan Parlemen Indonesia (KPPI) Provinsi Jabar terus memperkuat kapasitas perempuan di DPRD. Tujuannya untuk melahirkan kebijakan responsif yang membela kepentingan perempuan dan anak

KPPI Jabar bisa dijadikan wadah aktivitas dan kreativitas untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Hal itu disampaikannya saat membuka Rapat Kerja DPD KPPI Provinsi Jabar dengan tema 'Optimalisasi Peran Perempuan Parlemen dalam Pelaksanaan Tugas DPRD' di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (26/4/2021).

“Khususnya ibu-ibu di Kaukus Perempuan Parlemen sangat penting sebagai organisasi independen untuk menjadikan wadah aktivitas dan kreativitas perempuan lintas partai politik untuk melahirkan ide-ide kreatif,” ujarnya. 

Para ‘srikandi’ yang mengabdi untuk aspirasi rakyat Jabar harus menjadi teladan dan inspirasi dalam upaya meningkatkan keterwakilan perempuan dalam dunia politik. Sehingga keterwakilan perempuan di panggung politik termasuk DPRD bisa mencapai angka ideal 30 persen, sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik. 

Saat ini diketahui, keterwakilan perempuan di DPRD Jabar baru 20 persen. 

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: