Ridwan Kamil Ingatkan Penerima Vaksin Covid-19 Jangan Euforia Berlebihan

Agung Bakti Sarasa ยท Jumat, 15 Januari 2021 - 16:15:00 WIB
Ridwan Kamil Ingatkan Penerima Vaksin Covid-19 Jangan Euforia Berlebihan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Agung Bakti Sarasa)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengingatkan seluruh penerima vaksin Covid-19 tak euforia berlebihan pascavaksinasi perdana di Jabar, Kamis (14/1/2021). Mereka diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan, vaksinasi merupakan kunci untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 melalui pembentukan kekebalan kelompok atau herd immunity. Pemerintah pun terus berupaya mendatangkan vaksin maupun memproduksi vaksin sendiri di dalam negeri. 

Kang Emil kembali meyakinkan bahwa vaksin Covid-19 Sinovac yang telah disuntikkan itu terbukti aman menyusul izin penggunaan darurat yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan halal berdasarkan fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Adapun vaksin Sinovac yang bakal diproduksi PT Bio Farma, sudah menunjukkan perkembangan positif pada uji klinis tahap tiga. Sebagai relawan uji klinis vaksin Sinovac, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengaku bahwa antibodinya kini meningkat hingga 99 persen pascadua kali disuntik vaksin asal China itu.

"Darah saya sekarang sudah terkandung antibodi 99 persen. Padahal baru bulan Maret nanti akan diumunkan," kata Kang Emil dalam keterangan resminya, Jumat (15/1/2021).

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3