Ridwan Kamil: Dulu Masker Scuba Oke Dipakai, Sekarang Tak Boleh

Antara ยท Kamis, 17 September 2020 - 16:36 WIB
Ridwan Kamil: Dulu Masker Scuba Oke Dipakai, Sekarang Tak Boleh
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kami bersama Wali Kota Bogor Bima Arya. (Foto Antara).

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta warga khususnya di Bogor, Bekasi, Depok (Bodebek) menyesuaikan atau beradaptasi dengan aturan baru soal masker. Sebab penggunaan masker scuba dan buff di dalam Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line dilarang.

"Dulu scuba oke (dipakai) karena mudah dan murah, sekarang tidak boleh. Ya, sudah menyesuaikan atau beradaptasi saja, karena ini bagian dari AKB," kata pria disapa Kang Emil di Bandung, Kamis (17/9/2020).

Orang nomor satu di Provinsi Jabar ini juga meminta warga untuk beradaptasi terkait penggunaan masker sebagai bagian dari Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di masa pandemi Covid-19.

Termasuk juga beradaptasi dengan imbauan untuk tidak menggunakan masker berbahan scuba dan masker buff. Sebab kedua masker itu dinilai tidak efektif menangkal droplet (percikan pernapasan yang muncul saat bicara, bersin atau batuk).

Soal adaptasi penggunaan masker, Kang Emil juga mencontohkan kondisi di awal pandemi saat masker disebut hanya digunakan oleh orang yang sakit.

Namun, setelah diteliti, masker juga ternyata harus dipakai orang yang sehat guna mencegah penularan Covid-19.

"Dulu, yang pakai masker hanya untuk yang sakit, setelah direvisi ternyata untuk (dipakai) orang yang sehat juga," ujar Kang Emil.


Editor : Faieq Hidayat