Ribuan Sapi dan Domba di Garut Sembuh dari PMK, Peternak Diimbau Tetap Waspada

fani ferdiansyah ยท Kamis, 13 Oktober 2022 - 20:58:00 WIB
Ribuan Sapi dan Domba di Garut Sembuh dari PMK, Peternak Diimbau Tetap Waspada
Ternak sapi yang sembuh dari PMK di Garut sebanyak 5.118 ekor. (FOTO: FANI FERDIANSYAH)

GARUT, iNews.id - Sebanyak 5.118 ekor hewan ternak sapi dan domba atau kambing di Kabupaten Garut dinyatakan sembuh dari gejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Namun peternak diimbau tetap waspada terhadap PMK walaupun tingkat kesembuhan tinggi.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut Sofyan Yani mengatakan PMK tidak bisa disepelekan. "Tetap ada beberapa hewan ternak mati dengan gejala PMK yang lebih banyak menyerang sapi ini. Terhitung hingga hari ini, sebanyak 488 ekor ternak mati dengan gejala PMK," kata Sofyan Yani, Kamis (13/10/2022). 

Sofyan Yani menyatakan, Tim Teknis Kesehatan Hewan sejauh ini telah melakukan pelayanan berupa pengobatan pada hewan yang bergejala PMK dan suportif di ternak tak bergejala. Jumlah hewan yang diobati setidaknya mencapai 6.662 ekor. 

"Wabah PMK ini dilaporkan sudah menyebar di 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Garut. Tim satgas terus melakukan langkah penanganan PMK, seperti karantina wilayah, biosekuriti, pengobatan ternak bergejala PMK, vaksinasi PMK, penyemprotan disinfektan di area kandang yang terdampak, dan upaya lainnya," ujarnya. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: