Ribuan Pemudik Kembali ke Jakarta, Lalu Lintas Tol Cipali Cirebon Padat di H+5 Lebaran 

Asep Supiandi, Toiskandar · Rabu, 19 Mei 2021 - 12:17:00 WIB
Ribuan Pemudik Kembali ke Jakarta, Lalu Lintas Tol Cipali Cirebon Padat di H+5 Lebaran 
Kendaraan pemudik yang kembali ke Jakarta mulai memadati ruas Tol Cipali. Diprediksi volume kendaraan akan terus meningkat dalam beberapa hari ke depan. (Foto: iNewsTv/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id - Ribuan kendaraan pemudik yang kembali ke Jakarta memadati Tol Cipali sejak pagi pada H+5 Lebaran, Rabu (19/5/2021). Pengelola tol pun harus membuka tiga loket satelit atau tambahan di Gerbang Tol Palimanan, Cirebon agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

Tampak mobil pribadi berpelat B dominan masuk Gerbang Tol Palimanan untuk selanjutnya melintasi Tol Cipali menuju Jakarta. Mereka tampaknya menunggu momen berakhirnya masa penyekatan di sejumlah titik, sehingga hari ini dirasa menjadi waktu tepat untuk kembali ke daerah asal. 

Beberapa bus dan travel pun juga sudah mulai melintas setelah sebelumnya, bus dan travel dilarang melintas terutama selama massa penyekatan.

Diprediksi, gelombang pemudik akan terus terjadi hingga beberapa hari ke depan lantaran belum sepenuhnya pemudik dari Jawa Tengah dan Jawa Timur kembali ke Jakarta dan sekitarnya.

Meskipun terjadi lonjakan volume kendaraan pemudik, namun tidak menimbulkan kemacetan di dalam tol. Situasi arus lalu lintas masih ramai lancar.
   
Sementara itu, General Operation ASTRA Tol Cipali, Suyitno, mengatakan, dengan berakhirnya penyekatan larangan mudik Lebaran, diharapkan lalu lintas di Tol Cipali kembali normal. Dia juga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar mematuhi batas kecepatan kendaraan.

"Kecepatan maksimal kendaraan 100 kilometer per jam dan batas minimal 60 kilometer per jam. Namun jika kondisi hujan, batas kecepatan kendaraan maksimal 70 kilometer per jam," kata Suyitno. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: