Cegah Penularan Covid-19, Pemancing di Waduk Jatiluhur Purwakarta Disasar Polisi 

Asep Supiandi · Rabu, 19 Mei 2021 - 09:41:00 WIB
Cegah Penularan Covid-19, Pemancing di Waduk Jatiluhur Purwakarta Disasar Polisi 
Anggota Satpolair Polres Purwakarta mengimbau para pemancing di Waduk Jatiluhur untuk menerapkan prokes. (Foto: Humas Polres Purwakarta)

PURWAKARTA, iNews.id - Satpolair Polres Purwakarta menyasar para pemancing di Waduk Jatiluhur dan Cirata agar menerapkan protokol kesehatan (prokes). Banyaknya pemancing yang datang ke perairan itu sejak Lebaran yang baru lalu, di antara mereka dikhawatirkan terjadi penularan Covid-19 di.

Apalagi tidak sedikit dari para pemancing tersebut berasal dari luar kabupaten, seperti Bandung Barat yang sebelumnya masuk zona merah.

Kapolres Purwakarta, AKBP Ali Wardana melalui Kasat Polair Polres Purwakarta, AKP Jajang Sukandar, mengatakan, pihaknya tak henti-hentinya memberikan imbauan dan penyuluhan kepada warga termasuk para pemancing yang berada di Waduk Jatiluhur dan Waduk Cirata terkait prokes.

"Kami juga selalu imbau para pemancing untuk terus mencuci tangan atau membawa hand sanitizer agar terus terjaga kebersihan. Hindari kerumunan massa serta terus gunakan masker," tutur Jajang, Selasa (19/5/2021).

Selain itu, kata dia, pemancing juga diminta menjaga jarak dan jangan mancing di zona berbahaya seperti di sekitar bendungan. Sehingga aktivitas pemancingan tidak menjadi klaster penularan Covid-19.

Menurut Jajang, anggotanya juga memberikanberikan imbauan kepada masyarakat yang tengah beraktivitas di wilayah perairan, seperti larangan bagi pengunjung untuk berenang dan pengelola jasa penyewaan perahu agar selalu mengawasi konsumennya agar tidak melebihi kapasitas penumpang.

"Mencegah terjadinya musibah seperti kecelakaan di air, maka kami juga mengimbau para nakhoda dan penumpang perahu yang berwisata di Waduk Jatiluhur dan Waduk Cirata agar mentaati kewajiban dan gunakan alat keselamatan serta keamanan perairan seperti pelampung," tutur dia.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: