Ribuan Bibit Tanaman Buah Tersapu Banjir, Petani di Lembang KBB Rugi Puluhan Juta

Adi Haryanto · Rabu, 20 Oktober 2021 - 18:38:00 WIB
Ribuan Bibit Tanaman Buah Tersapu Banjir, Petani di Lembang KBB Rugi Puluhan Juta
Petani sedang membereskan bibit buah-buahan milik mereka yang terendam banjir akibat hujan deras dan diperparah dengan saluran drainase yang buruk, Rabu (20/10/2021). (Foto: iNews.id/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Ribuan bibit pohon buah milik petani Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat rusak parah akibat tersapu banjir. Tanaman tersebut mengalami kerusakan setelah terendam air hingga berjam-jam.

"Di kawasan ini saja ada sekitar 1.500 batang pohon buah-buahan yag terdampak banjir sehingga rusak parah. Hanya sebagian kecil saja yang bisa diselamatkan dan dijual," kata Ketua RT 06/03 Kampung Pondok, Tatang Irianto, Rabu (20/10/2021).

Menurutnya, peristiwa banjir ini adalah yang pertama kali terjadi di wilayahnya. Penyebabnya dikarenakan hujan deras yang diperparah dengan saluran air yang buruk. Selain menyapu pohon buah-buahan, air dan lumpur juga masuk ke rumah-rumah warga.

"Sebelumnya belum pernah, kalau pun ada kecil. Tapi sekarang parah sekali, lumpurnya juga tebal, liat saja yang masuk ke rumah-rumah, ketinggian lumpurnya antara 50-60 sentimeter," ucapnya. 

Berdasarkan pantauan di lokasi, tepatnya di Kampung Pondok, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, sejumlah petani tampak tengah memilah bibit-bibit pohon buah-buahan yang masih bisa dimanfaatkan dan dijual.

Sementara warga yang rumahnya sempat terendam banjir terlihat tengah membersihkan lumpur yang masuk ke rumah. Banyaknya material lumpur membuat satu unit mobil Pemadaman Kebakaran (Damkar) KBB dikerahkan ke lokasi untuk membantu warga.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: