Revitalisasi Objek Wisata Situ Ciburuy KBB Dimulai, Belasan Kios Dibongkar

Adi Haryanto ยท Jumat, 13 Agustus 2021 - 18:09:00 WIB
Revitalisasi Objek Wisata Situ Ciburuy KBB Dimulai, Belasan Kios Dibongkar
Alat berat secara bertahap mulai membongkar kios pedagang yang ada di objek wisata Situ Ciburuy, Padalarang, KBB, Jumat (13/8/2021). (Foto: MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Belasan bangunan kios pedagang di kawasan objek wisata Situ Ciburuy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dibongkar. Pembongkaran sudah dilakukan sejak Kamis (12/8/2021) dan ditargetkan awal pekan depan semua bangunan rata dengan tanah dan para pedagang sudah harus pindah. 

"Sejak kemarin sih dibongkarnya, sama petugas provinsi. Pedagang udah ada yang bongkar sendiri ada yang sama petugas, targetnya Senin harus udah dibongkar semua," kata salah seorang pemilik kios, Kiki (67) saat ditemui di lokasi, Jumat (13/8/2021).

Pembongkaran tersebut tidak mendapatkan protes apalagi perlawanan dari pedagang, karena sudah diinformasikan terlebih dahulu. Apalagi masing-masing pedagang juga mendapatkan uang pembongkaran Rp1 juta. Mereka nantinya akan pindah sementara selama proses revitalisasi dilakukan yang ditargetkan selesai di akhir tahun ini. 

Kiki mengatakan, untuk membongkar bangunan kios petugas juga mengerahkan alat berat. Mengingat kios yang ada kebanyakan adalah bangunan permanen sehingga sulit jika dibongkar manual. Selama revitalisasi Situ Ciburuy, pedagang akan berjualan di beberapa titik yang masih berada di sekitar kawasan tersebut. 

"Sebagai pedagang ya senang, akhirnya Situ Ciburuy dibenahi dan kios-kios dibangun lebih modern. Semoga bisa kembali menghidupkan Situ Ciburuy sebagai ikon objek wisata di Bandung Barat," ujarnya. 

Dia menjelaskan, selama ini setiap tahun selalu membayar pajak sebesar Rp250.000 ke pihak provinsi karena berjualan di Situ Ciburuy. Makanya pedagang tidak keberatan karena Pemprov Jabar akan kembali membangun kios yang lebih tertata. Nanti setiap kios akan dibatasi oleh taman, halaman parkir lebih luas, dan etalase juga disediakan secara seragam. 

Pedagang lainnya, Aji mengaku akan membongkar sendiri kios miliknya karena masih banyak material bangunan yang masih layak untuk digunakan kembali buat tempat jualan sementara. Dirinya berencana akan membongkar kiosnya hari Minggu atau Senin yang merupakan batas waktu terakhir pembongkaran.

"Kita ikut perintah pemerintah dan mendukung pembangunan Ciburuy. Sebagai orang yang jualan dan mencari nafkah di sini, berharap Situ Ciburuy lebih bagus, banyak pengunjung, jadi memberikan dampak ekonomi ke warga sekitar," ujarnya. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: