Relawan Samil Jokowin Ajak Warga Perangi Hoaks dan Ujaran Kebencian

Kastolani · Minggu, 17 Maret 2019 - 21:10:00 WIB
Relawan Samil Jokowin Ajak Warga Perangi Hoaks dan Ujaran Kebencian
Ibu-ibu mengikuti senam sehat yang digelar relawan Samil Jokowin di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. (Foto: istimewa)

DEPOK, iNews.id – Relawan Santri Milenial untuk Jokowi-Ma’ruf Amin (Samil Jokowin) menggelar bakti sosial di Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Kegiatan yang digelar Minggu (17/3/2019) pukul 06.00 WIB itu diikuti ratusan warga. Kegiatan diawali dengan senam sehat dan dilanjutkan cek kesehatan. Hadir dalam acara itu Ade Ibrahim, tokoh masyarakat Cimanggis, yang merupakan salah satu anggota dewan penasihat Samil Jokowin Kota Depok.

Pemeriksaan kesehatan berlangsung lancar dan penuh kehangatan diselingi obrolan akrab warga yang dilayani oleh empat tim medis.

Ketua Samil Jokowin Depok, M Wahyudin mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian sosial para santri milenial Depok ke warga. "Ini juga sebagai bukti bahwa kami tidak hanya eksis di dunia maya, tapi juga memberi manfaat di dunia nyata," kata Wahyudin yang akrab disapa dengan Ncank itu.

Para relawan Samil Jokowin juga mengampanyekan agar warga menjaga kesehatan jasmaninya juga kesehatan mentalnya dengan tidak mudah mengonsumsi hoaks dan hate speech (ujaran kebencian).

Ketua umum Samil Jokowin Pusat, Fuad al-Athor mengatakan, relawan Samil Jokowin akan terus bergerak baik di darat dengan aksi-aksi sosial yang bermanfaat juga giat mengampanyekan sehat bersosmed. "Masyarakat harus mulai menyaring informasi-informasi yang masuk sebelum men-share ke orang lain,” katanya.

Fuad juga mengajak masyarakat untuk menjaga kondusivitas ruang publik dari keruhnya ujaran-ujaran kebencian dan hoaks. “Ya mulai dari kita, kritis dalam menyeleksi informasi,” ucapnya.

Ditanya soal sejauh mana kerja-kerja pemenangan yang dilakukan oleh relawan-relawan Samil Jokowin di seluruh Indonesia, dia hanya mengatakan, "Kita Optimis Menang Tebal!"

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: