Razia Muatan Truk di Tol Palikanci Diintensifkan Jelang Libur Nataru

Toiskandar ยท Kamis, 12 Desember 2019 - 17:08:00 WIB
Razia Muatan Truk di Tol Palikanci Diintensifkan Jelang Libur Nataru
Petugas menunjukkan kondisi ban truk yang tak layak jalan saat razia di Tol Palikanci, Cirebon, Jabar, Kamis (12/12/2019). (Foto: iNews/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id – Petugas gabungan menggelar razia truk di ruas Tol Kanci-Palimanan atau Palikanci di Cirebon, Jawa Barat, kamis (12/12/2019) jelang libur natal dan tahun baru (nataru). Dalam razia ini polisi menjaring puluhan truk ekspedisi dalam kondisi kelebihan muatan dan kelebihan dimensi serta dinilai tak layak jalan.

Petugas gabungan dari Polisi, TNI, Jasa Marga, dan dinas perhubungan setempat mengarahkan truk yang lewat tol tersebut untuk memasuki rest area. Dalam razia itu petugas memberhentikan truk yang kelebihan muatan hingga delapan ton. Serta sejumlah truk dengan kondisi kelebihan dimensi.

Sementara lainnya dinilai tak layak jalan karena mengalami keropos ban. Kondisi truk yang seperti itu dinilai membahayakan pengguna jalan lainnya. Selain itu legalitas kendaraan dan pengendara juga diperiksa.

Truk-truk tersebut dilarang melanjutkan perjalanan. Petugas mengatakan razia ini dilakukan untuk mengurangi resiko kerusakan jalan dan kecelakaan menjelang dan selama libur nataru.

“Dampak dari kelebihan muatan itu adalah merusak jalan yang dipersiapkan menjelang nataru. Selain itu bisa menyebabkan kecelakaan karena sering terjadi tabrak belakang. Bahkan hingga menyebabkan korban meninggal dunia,” ujar Manager Traffic Tol Palikanci, Agus Hartoyo saat ditemui.

Dia menyatakan akan lebih sering melakukan razia mendekati libur nataru. Hal itu menurutnya dilakukan sebagai sarana sosialisasi kepada perusahaan dan sopir agar memperhatikan muatannya. Petugas yang berwenang juga akan menyurati perusahaan-perusahaan pemilik truk untuk memperhatikan muatan truknya

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel: