Rantang Siswa, Cara Pelajar di Jabar Berbagi Kebaikan di Bulan Suci Ramadhan 

Agung Bakti Sarasa · Rabu, 20 April 2022 - 10:32:00 WIB
Rantang Siswa, Cara Pelajar di Jabar Berbagi Kebaikan di Bulan Suci Ramadhan 
Para pelajar SMKN 9 Bandung membuat makanan sehat dan bergizi serta membagikannya kepada warga yang membutuhkan dalam kegiatan Rantang Siswa. (Foto: iNews.id/Agung Bakti Sarasa)

BANDUNG, iNews.id - Para pelajar jurusan Tata Boga SMKN 9 Bandung berkreasi membuat beragam menu makanan untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Hal itu dilakukan untuk memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan sebagai bulan yang penuh berkah dan kebahagiaan dengan berbagi kebaikan kepada sesama. 

Melalui program Rantang Siswa yang digagas Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, mereka bekerja sama untuk membuat satu hidangan atau menu buka puasa lengkap dengan takjilnya untuk dibagikan kepada masyarakat yang melintas di depan sekolahnya di kawasan Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung.

Ketua Osis SMKN 9 Bandung, Muhammad Rakha Purnama mengatakan, kegiatan Rantang Siswa ini digelar untuk kedua kalinya dalam dua tahun terakhir. Tahun sebelumnya, kegiatan ini hanya dilakukan di rumah dan dibagikan kepada tetangga akibat dampak pandemi Covid-19. 

"Kita membuat sendiri di dapur sekolah karena kita juga punya jurusan Tata Boga. Kita membagikan sendiri di daerah sekolah kepada warga yang membutuhkan seperti driver ojol, sopir angkot, dan lainnya," kata Rakha di Bandung, Selasa (19/4/2022). 

Menurut Rakha, dalam kegiatan itu, dia bersama teman-temannya berhasil menyajikan 100 boks makanan sehat dengan kandungan gizi yang tinggi. 

"Menunya komplit karena kita di Tata Boga juga mementingkan ilmu gizi yang tinggi. Pasti ada karbohidrat, vitamin, dan proteinnya lengkap. Takjilnya juga ada karena kita sedang bulan puasa," katanya. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: