Puting Beliung Terjang Kota Bandung hingga Atap Beterbangan, Ini Penjelasan BMKG 

Arif Budianto · Minggu, 15 Mei 2022 - 11:44:00 WIB
Puting Beliung Terjang Kota Bandung hingga Atap Beterbangan, Ini Penjelasan BMKG 
Terjangan angin puting beliung mengakibatkan atap rumah beterbangan di Kota Bandung. (Foto: IlustrasI)

BANDUNG, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan kondisi cuaca Bandung dan Bogor yang menyebabkan terjangan angin puting beliung serta sambaran petir. Sebelumnya peristiwa alam itu terjadi pada Sabtu (14/5/2022) yaitu angin puting beliung di Kota Bandung pada siang menjelang sore hari yang mengakibatkan atap beterbangan. 

Juga telah terjadi sambaran petir di kawasan Camp Gayatri Kampung Citeko, RT 01/09, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor yang mengakibatkan 1 orang tewas. 

Menurut Kepala Stasiun Klimatologi Bogor Indra Gustari, berdasarkan analisis terkini dinamika atmosfer tanggal 14 Mei 2022, dipengaruhi oleh fenomena global yakni La Nina dengan intensitas lemah (Indeks Nino 3.4 -0.76) yang dapat menyebabkan peningkatan hujan di sebagian besar wilayah Indonesia termasuk Jawa Barat. Secara umum angin bertiup dari arah timur hingga tenggara. 

"Terdapat pola belokan angin di wilayah Jawa Barat yang dan membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di wilayah Jawa Barat. Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Jawa Barat. Tingkat labilitas atmosfer di wilayah Jawa Barat juga berada pada kategori labil sedang hingga tinggi sehingga mendukung potensi pertumbuhan awan konvektif," kata dia, Minggu (15/5/2022). 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: