Purwakarta Terapkan PPKM Level 4, Tempat Ibadah Masih Ditutup

Asep Supiandi · Rabu, 21 Juli 2021 - 16:21:00 WIB
Purwakarta Terapkan PPKM Level 4, Tempat Ibadah Masih Ditutup
Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Purwakarta Iyus Permana saat berikan keterangan pers. (Foto: Diskominfo Purwakarta)

PURWAKARTA, iNews.id - Pemkab Purwakarta menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Covid-19. Pembatasan ini diberlakukan sejak 21-25 Juli 2021 atau setelah berakhirnya PPKM Darurat selama selama 18 hari terakhir.

Pelaksanaan PPKM Level 4 ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Purwakarta Nomor : 443/Kep.405-Huk/2021 tentang PPKM Level 4 Covid-19 di Kabupaten Purwakarta. Keputusan ini pun dijabarkan secara teknis melalui Surat Edaran Bupati Purwakarta Nomor : 443.1/2281/Huk tentang PPKM Level 4 Covid-19 di Wilayah Kabupaten Purwakarta.

Dalam setiap poinnya tidak terlalu berbeda dengan aturan pada saat penerapan PPKM Darurat. Tetap meberlakukan kegiatan essensial dan kritikal sebagai priortas untuk tetap beraktivitas dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Selain juga menerapkan sanksi pidana secara lebih tegas terhadap setiap pelanggaran yang terjadi.

Di antara semua pembatasan saat PPKM Level 4 ini, terbilang cukup krusial adalah tempat ibadah (masjid, musala gereja, pura, vihara dan klenteng atau tempat umum yang difungsikan sebagai tempat ibadah lainnya) tidak mengadakan kegiatan peribadatan, keagamaan berjemaah selama penerapan PPKM Level4 Covid-19 dan mengoptimalkan pelaksanaan ibadah di rumah. Termasuk respesi pernikahan ditiadakan.

Surat Keputusan dan Surat Edaran Bupati Purwakarta ini pun mulai disosalisasikan melalui WAG atau media sosial lainnya. Sehingga masyarakat bisa dengan cepat mengetahui dan memahami upaya pemerintah dalam menekan kasus Covid-19 di Kabupaten Purwakarta yang terbilang masih tinggi.

"PPKM di Kabupaten Purwakarta dilanjut, namanya PPKM Level 4 mulai 21  sampai dengan 30 Juli 2021," kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Iyus Permana, Rabu (21/7/2021).

Sementara itu, update GTPP atas kasus Covid-19 di Kabupaten Purwakarta per 21 Juli 2021 di laman Diskominfo menunjukkan, hari ini Purwakarta kembali kehilangan 7 warganya yang meninggal akibat Covid-19. Begitu pula jumlah kasus terkonfirmasi positif aktif mencapai 558. Dari 17 kecamatan yang ada, kasus Covid-19 di Kecamatan Purwakarta melonjak di angka 206 orang positif.

Editor : Asep Supiandi