Puluhan Santri dan Ibu Hamil di Kecamatan Ciasem Subang Rapid Test

Yudy Heryawan Juanda ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 11:09 WIB
Puluhan Santri dan Ibu Hamil di Kecamatan Ciasem Subang Rapid Test
Puluhan santri dan ibu hamil di Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, mengikuti rapid test, Rabu (29/7/2020). (Foto: iNews/Yudy Heryawan Juanda)

SUBANG, iNews.id – Puluhan santri dan ibu hamil di Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar), mengikuti rapid test yang digelar Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Rabu (29/7/2020). Pemeriksaan yang dilaksanakan secara gratis tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Para santri yang diperiksa sebanyak 35 orang dari Pondok Pesantren (Ponpes) As-Salafiyah di Desa Dukuh, Kecamatan Ciasem. Mereka dites cepat karena sudah mulai belajar secara tatap muka di pondok. Sementara belasan ibu hamil yang diperiksa, berasal dari warga setempat dekat pesantren.

Dari pantauan iNews, petugas kesehatan yang menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap, mengambil sampel darah santri dan ibu hamil satu per satu. Para santri terlihat antusias. Mereka umumnya mengaku senang bisa ikut rapid test karena bisa mengetahui kondisi kesehatan masing-masing.

“Kami senang karena bisa ikut rapid test ini supaya kami bisa tahu kondisi di sini. Kami berharap semoga hasilnya semua negatif dan di wilayah ini aman dari penyebaran Covid-19,” kata santriwati, Lilis Khoeriyah, Rabu (29/7/2020).

Petugas Kesehatan, Doding Saepudin mengatakan, program rapid test dari Dinas Kesehatan Pemkab Subang itu menyasar seluruh pondok pesantren dan para ibu hamil. Khusus di Ciasem, ada 50 orang yang dites cepat, yakni 35 orang santri dan 15 ibu hamil di sekitar pesantren.

“Tujuan rapid test ini untuk tracking supaya Covid-19 bisa dipastikan betul-betul tidak ada di wilayah Ciasem. Alhamdulillah sejauh ini hasil rapid test masih negatif,” katanya.


Editor : Maria Christina