Puluhan Bus Luar Kota Konvoi ke Wisata Lembang Desak Pemerintah Buka Kunjungan

Yuwono ยท Sabtu, 04 Juli 2020 - 09:34 WIB
Puluhan Bus Luar Kota Konvoi ke Wisata Lembang Desak Pemerintah Buka Kunjungan
46 bus dari luar Jabar tiba di terminal objek wisata Grafika Cikole, Lembang, Bandung Barat, Sabtu (4/7/2020). (Foto: iNews/Yuwono)

LEMBANG, iNews.id - Puluhan armada bus pariwisata dari luar Jawa Barat (Jabar) menggelar aksi konvoi ke kawasan wisata Lembang. Pengusaha jasa transportasi pariwisata yang merugi mendesak pemerintah segera membuka kembali kunjungan wisatawan luar Jabar pada masa new normal.

Untuk pertama kalinya sejak tiga bulan lamanya, kawasan wisata Lembang, Bandung Barat, kembali kedatangan puluhan armad bus pariwisata. Namun, kedatangan puluhan bus dari luar kota termasuk jakarta ini tak disertai dengan tamu atau wisatawan.

Dari pantauan iNews, setibanya di terminal objek wisata Grafika Cikole, sebanyak 46 bus hanya mengangkut para sopir dan pengusaha jasa transportasi. Setidaknya ada sekitar 120 orang yang diangkut.

Meski sudah beroperasi sejak 13 Juni 2020, seluruh objek wisata di Lembang belum menerima rombongan dari luar Jabar. Selama pandemi Covid-19, para pengusaha otobus pariwisata mengaku merugi hingga miliaran rupiah.

Para pelaku usaha mendesak Pemerintah Bandung Barat segera membuka kunjungan bagi wisatawan luar Jabar. Mereka mengaku siap mengikuti protokol kesehatan demi mencegah penyebaran covid-19.

"Banyak orang yang pengen jalan-jalan tapi terkendala dengan peraturan pemerintah daerah," ucap Ketua Perkumpulan Transportasi Wisata Indonesia, Andi Prihantoro, Sabtu (4/7/2020).

Sementara itu, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengatakan, belum akan membuka kunjungan wisatan dari luar Jabar. Dia masih menunggu instruksi dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

"Kalau yang dari luar Jabar saya meski berkomunikasi dulu dengan pak gubernur. Apakah dibolehkan atau belum," katanya.

Aa Umbara menilai, pengusaha sudah sepakat untuk menjaga prokotol kesehatan. Tetapi hingga kini hanya wisatawan lokal yang baru diizinkan untuk masuk.

"Kunjungan wisata itu dibolehkan untuk wilayah Bandung Barat, cuma kalau di luar Jawa Barat, saya masih butuh komunikasi dengan pak gubernur," ucapnya.


Editor : Nani Suherni