Penuhi Syarat PSSI, Pemain Persib Ikuti Tes Swab

Nani Suherni ยท Sabtu, 04 Juli 2020 - 08:34 WIB
Penuhi Syarat PSSI, Pemain Persib Ikuti Tes Swab
Tes usap (tes swab) metode PCR di Graha Persib, Kota Bandung, Jumat (3/7/20). (Foto: Dok Humas Pemprov Jabar)

BANDUNG, iNews.id - Seluruh pemain sepak bola wajib mengikuti rangkaian tes sebelum kembali melaksanakan pemusatan latihan dan persiapan menghadapi lanjutan Liga Indonesia Oktober nanti. Pemain Persib Bandung pun mendapatkan bantuan dari Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk tes usap (tes swab) metode PCR di Graha Persib, Kota Bandung, Jumat (3/7/20).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar Ridwan Kamil mengatakan, memfasilitasi pengetesan karena klub berjuluk Maung Bandung ini siap untuk menjalani latihan jelang berlaga di Liga 1. PSSI mensyaratkan ada rapid test , tapi akan lebih baik jika langsung dilakukan tes swab.

"Kami fasilitasi supaya 100 persen keluarga besar Persib dan pemainnya bisa melakukan latihan yang akan dimulai pada minggu depan sekitar tanggal 10 (Juli),” ucap pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut, dilansir dari website resmi Pemprov Jabar, Sabtu (4/7/2020).

Bagi beberapa pemain asing yang belum kembali ke Bandung, akan dilakukan tes swab susulan. Tak hanya Persib, kesebelasan lain di Jabar boleh mengajukan permohonan pengetesan Covid-19 kepada Gugus Tugas Jabar yang siap memfasilitasi tes tersebut.

Sementara itu, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Umuh Muchtar sangat mengapresiasi bantuan fasilitasi tes swab dari Gugus Tugas Jabar. Menurutnya, perhatian pemerintah ini sangat memotivasi semangat Maung Bandung jelang bertanding di musim ini. Umuh juga berujar, proses latihan tim akan segera dimulai usai laporan hasil tes swab diterima.

“Rencana tanggal 6 atau 10 (Juli 2020) kami mulai latihan kalau sudah beres tes semua, pelatih sudah datang. Kalau yang dari luar negeri belum datang, tidak masalah, latihan saja, supaya nanti kita ada kesinambungan, begitu ada pertandingan kita tidak begitu berat," katanya.


Editor : Nani Suherni