Puluhan Angkot Tak Uji KIR Berkala, Dishub Kota Cimahi Geleng-geleng Kepala

Adi Haryanto ยท Jumat, 11 Maret 2022 - 20:12:00 WIB
Puluhan Angkot Tak Uji KIR Berkala, Dishub Kota Cimahi Geleng-geleng Kepala
Sopir angkot di Cimahi begitu merasakan dampak pandemi Covid-19, sehingga banyak yang terpaksa tak uji KIR secara berkala setiap enam bulan sekali. (Foto: Dok.MPI)

CIMAHI, iNews.id - Dinas Perhubungan Kota Cimahi banyak menerima keluhan dari para sopir angkot yang belum sanggup untuk membayar uji KIR. Mereka beralasan karena sepinya penumpang sehingga berdampak terhadap penghasilan sehari-harinya.

"Ada sekitar 90 angkutan umum (angkot) yang tidak melakukan uji KIR secara berkala setiap enam bulan sekali, dengan alasan sopir atau pemiliknya minim pemasukan," kata Kepala Seksi Angkutan, Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang, Jumat (11/3/2022).

Dia mengatakan, jumlah itu cukup banyak karena angkot yang terdata di Cimahi totalnya ada 320 unit. Ratusan angkot tersebut melayani empat trayek di Kota Cimahi. Yakni trayek Cimindi-Pasar Antri, Cibeber-Pasar Antri via Leuwigajah, Cibeber-Pasar Antri via Contong dan Cimindi-Citeureup.

Menurutnya, ada berbagai alasan yang membuat para sopir angkot tersebut belum melakukan uji KIR secara berkala. Seperti karena kendaraannya sedang tidak beroperasi, ada yang dalam proses perbaikan, hingga alasan minimnya pendapatan.

"Paling dominan karena alasan minimnya pendapatan, sebab semakin banyaknya pilihan moda transportasi umum dan aktivitas anak sekolah yang belajar online di rumah," tuturnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: