Pulau Baru Berbentuk Bulan Sabit Muncul Usai Gunung Api Bawah Laut Meletus

Umaya Khusniah ยท Jumat, 20 Agustus 2021 - 16:17:00 WIB
Pulau Baru Berbentuk Bulan Sabit Muncul Usai Gunung Api Bawah Laut Meletus
Pulau berbentuk bulan sabit muncul setelah gunung berapi bawah laut Fukutoku-Okanoba meletus. (Foto: Istimewa)

TOKYO, iNews.id - Fenomena alam langka terjadi di Jepang. Sebuah pulau baru berbentuk bulan sabit seusai gunung api bawah laut meletus. 

Pulau baru ini terletak sekitar 1.200 kilometer selatan Tokyo dan menjadi bagian dari kepulauan Jepang di Samudera Pasifik. Pulau bulan sabit ini memiliki diameter 1 kilometer. Penjaga pantai Jepang terus mengamati ada tidaknya perubahan ukuran pulau tersebut. 

Star Daily melaporkan, sebelum pulau itu muncul, beberapa letusan bawah laut dilaporkan terjadi. Gumpalan gas naik lebih dari 15 kilometer.

Pulau baru berbentuk bulan sabit ini terletak 50 kilometer sebelah selatan dari pulau paling selatan di kelompok Ogasawara. Daratan ini sebenarnya merupakan puncak gunung berapi Fukutoku-Okanoba yang terendam.

Gunung berapi Fukutoku-Okanoba ini pernah dilaporkan beberapa kali meletus, dengan kejadian terkahir pada 2010. Letusan pada 1986 mengakibatkan pembentukan sebuah pulau vulkanis. Sayangnya, daratan baru itu bersama pulau-pulau lain yang terbentuk pada awal abad ke-20, semua terkikis gelombang Pasifik.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: