PTDI Kembali Kirim Pesawat Pesanan Kemenhan, Bantu Jaga NKRI di Masa Pandemi 

Arif Budianto · Selasa, 26 Oktober 2021 - 11:32:00 WIB
PTDI Kembali Kirim Pesawat Pesanan Kemenhan, Bantu Jaga NKRI di Masa Pandemi 
Selesai diproduksi, pesawat NC212i troop transport buatan PTDI dikirim sesuai pesanan Kemenhan. (Foto: Istimewa) 

BANDUNG, iNews.id - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) kembali mengirimkan satu unit pesawat terbang NC212i troop transport pesanan Kementerian Pertahanan. Pesawat ini nantinya akan dipakai untuk end user TNI Angkatan Udara.

Direktur Utama PTDI Elfien Goentoro didampingi Direktur Niaga, Teknologi & Pengembangan PTDI Gita Amperiawan dan Direktur Produksi PTDI, Batara Silaban meninjau persiapan dan melepas ferry flight pesawat terbang NC212i tersebut, Selasa (26/10/2021). Pesawat kemudian dioperasikan oleh Skadron Udara 4 ke Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang. 

“Alhamdulillah pagi ini kita bisa mengirimkan lagi satu pesawat NC212i untuk dioperasikan TNI AU. Pesawat kedua dengan konfigurasi Troop Transport ini diharapkan dapat membantu pemenuhan tugas dan operasi TNI AU, khususnya dalam keterlibatannya menjaga wilayah NKRI di situasi pandemi seperti ini," kata Direktur Utama PTDI Elfien Goentoro.

Pesawat dengan tail number AX-2127 ini merupakan pesawat NC212i kedua yang telah dikirimkan PTDI dari kontrak pengadaan sebanyak sembilan unit pesawat NC212i oleh Kementerian Pertahanan untuk end user TNI Angkatan Udara. Di mana pesawat sebelumnya telah dikirimkan pada tanggal 26 Januari 2021, sedangkan untuk pesawat ketiga rencananya akan diselesaikan dan dikirimkan pada tahun 2022.  

Adapun sebagaimana kesepakatan kontrak dengan Kementerian Pertahanan, sebanyak empat unit pesawat adalah dengan konfigurasi Troop Transport. Sementara empat unit lainnya dengan konfigurasi Rain Making dan satu unit sisanya dengan konfigurasi Navigation Training.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: