PT Len Modernisasi KRI Usman Harun, Upgrade Sistem Persenjataan Setara Kapal Perang Baru

Arif Budianto · Selasa, 30 November 2021 - 08:34:00 WIB
PT Len Modernisasi KRI Usman Harun, Upgrade Sistem  Persenjataan Setara Kapal Perang Baru
PT LEN memodernisasi KRI Usman Harun agar sistem persenjataannya setara dengan kapal perang baru. (Foto: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNews.id - PT Len melakukan modernisasi sistem persenjataan KRI 359 Usman Harun yang telah berusia 15 tahun. Combat system kapal perang sudah usang sehingga harus ditingkatkan atau dipercanggih agar dapat meningkatkan kemampuan operasinya. 

Combat system (sistem kemampuan tempur) adalah brainware dari sebuah kapal perang. Keselarasan fungsi dan kendali antara sistem sensor dan senjata di kapal perang merupakan kunci keberhasilan pelaksanaan operasi di kapal perang. Peran sentral inilah yang diemban oleh sebuah combat system.

Dalam ruang lingkup modernisasi Mid Life Modernization (MLM), PT Len dan Thales akan memasang Combat Management System, radar pengawasan udara dan permukaan, radar kendali, dan sistem kontrol penembakan elektro-optik (eo), hingga tactical multi-purpose R-ESM system.

Direktur Bisnis dan Kerja Sama PT Len Wahyu Sofiadi mengatakan, Len memiliki tujuan untuk selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari keunggulan TNI dalam menjaga kedaulatan Negara. Program kerja sama modernisasi ini akan memberikan kontribusi besar pada kemandirian industri pertahanan Indonesia.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: