Proyek Double Track KA Dilanjutkan, Ratusan Bangunan di Kiaracondong Bandung Tergusur

Antara · Jumat, 11 Juni 2021 - 09:26:00 WIB
Proyek Double Track KA Dilanjutkan, Ratusan Bangunan di Kiaracondong Bandung Tergusur
Warga berkegiatan di jalur rel kereta api Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/6/2021). (Foto: Antara)

BANDUNG, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana melanjutkan pembangunan tahap II rel ganda atau double track sepanjang 26 km jalur kereta api (KA) Padalarang-Cicalengka. Dampak dari proyek tersebut, tak kurang dari 900 bidang tanah dan bangunan bakal tergusur.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Wilayah Jawa Bagian Barat Erni Basri mengatakan, pembangunan rel ganda kereta api di wilayah Bandung, sepanjang Padalarang-Cicalengka mulai dibangun secara bertahap.

Saat ini, kata Kepala BTP Wilayah Jawa Bagian Barat, pembangunan baru dilakukan tahap pertama di bagian Haurpugur-Gedebage. Sementara itu pembangunan rel ganda di Kiaracondong-Gedebage ditunda paling lambat awal 2022.

"Kami butuh lahan yang sangat efektif karena jalur yang ada telah dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Erni di Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/6/2021).

Untuk di kawasan Kiaracondong, ujar Erni, BTP Wilayah Jawa Bagian Barat, masih melakukan upaya untuk menyiapkan sejumlah lahan yang nantinya akan digunakan untuk rel ganda.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: