Polisi Bongkar Penyalahgunaan BBM Subsidi di Sukabumi, 8.000 Liter Solar Diamankan

Dharmawan Hadi · Kamis, 01 Desember 2022 - 16:39:00 WIB
Polisi Bongkar Penyalahgunaan BBM Subsidi di Sukabumi, 8.000 Liter Solar Diamankan
Polisi mengamankan mobil boks penyimpan BBM ilegal di Sukabumi. (Foto: iNews.id/Dharmawan Hadi)

SUKABUMI, iNews.id - Polisi mengamankan truk modifikasi yang berfungsi sebagai penyedot dan penyimpan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar di Kampung Babakan RT 004/002, Desa Babakan, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Pengamanan tersebut terkait dugaan penyalahgunaan BBM bersubsidi. 

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sy Zainal Abidin mengatakan, anggota Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Sukabumi Kota mengamankan tiga orang tersangka dengan peran masing-masing. Sedangkan untuk otak pelakunya saat ini masih dalam pencarian petugas. 

"Ketiga tersangka tersebut berinisial AG (35) warga Madura, berperan sebagai koordinator, lalu YAS (39) warga Lampung sebagai sopir truk Colt Diesel warna kuning dan S (21) warga Lampung sebagai sopir truk boks Isuzu warna putih," ujar Zainal kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (1/12/2022). 

Para tersangka tersebut ditangkap pada hari Minggu tanggal 27 November 2022 sekitar jam 16.00 WIB di Kampung Babakan RT 004/002, Desa Babakan, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Sedangkan AJ (44) otak dan juga pemodal hingga saat ini masih buron

"Modus operandi yang dijalankan, tersangka S membeli bahan bakar solar bersubsidi ke beberapa SPBU di wilayah sukabumi, menggunakan kendaraan mobil boks yang tangki bahan bakarnya sudah dimodifikasi dengan jalur selang," jelas Zainal. 

Lalu solar yang sudah berada di dalam tangki tersebut, dipindahkan dengan cara disedot menggunakan mesin pompa ke dalam empat buah toren dengan kapasitas masing-masing toren 1.000 liter yang berada di dalam boks mobil tersebut. 

"Setelah solar bersubsidi terisi penuh ke dalam 4 toren tersebut, kemudian tersangka S mendatangi YAS dan AG di TKP. Mereka bertujuan memindahkan solar ke dalam tanki buatan dengan kapasitas 8.000 liter di atas truk Colt Diesel. Pemindahan menggunakan alat berupa mesin pompa dan selang plastik," ujar Zainal. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: