Pola Penyaluran Bansos Tahap IV Berubah, Pemprov Jabar Libatkan Perbankan 

Agung Bakti Sarasa · Rabu, 30 Desember 2020 - 09:00:00 WIB
Pola Penyaluran Bansos Tahap IV Berubah, Pemprov Jabar Libatkan Perbankan 
Ilustrasi Bansos. (Foto; Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Pemprov Jawa Barat mengubah pola penyaluran bantuan sosial (bansos) dengan melibatkan perbankan. Perubahan ini dilakukan untuk mempercepat penyaluran bansos.

Pola baru tersebut diterapkan dalam penyaluran bansos tahap IV berupa uang tunai Rp100.000. Bansos yang telah disalurkan sejak Rabu (23/12/2020) lalu itu bertujuan untuk menjaga konsumsi rumah tangga warga terdampak pandemi Covid-19.

Ketua Divisi Logistik Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jabar yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disindag) Jabar M Arifin Soendjayana menuturkan, Pemprov Jabar menggandeng sejumlah pihak dalam penyaluran bansos tahap IV itu.

Pihak-pihak yang terlibat, yakni PT Pos, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat (bank bjb), BRI, dan Bank Mandiri. Pola distribusi bansos yang dilakukan pihak itu juga berbeda.

Arifin mengemukakan, PT Pos mendistribusikan bansos langsung kepada masing-masing KRTS. Sedangkan BRI menyalurkannya melalui perangkat desa/kelurahan untuk diambil di kantor cabang terdekat untuk kemudian dibagikan oleh pihak desa.

Editor : Agus Warsudi