Perilaku Seks Menyimpang di Cimahi Marak, Puluhan Warga Idap HIV/AIDS

Adi Haryanto ยท Rabu, 01 Desember 2021 - 19:17:00 WIB
Perilaku Seks Menyimpang di Cimahi Marak, Puluhan Warga Idap HIV/AIDS
Deklarasi pemangku kepentingan di Kota Cimahi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Aula Kantor Kecamatan Cimahi Utara, Kamis (28/10/2021). (Foto: Humas Pemkot Cimahi)

CIMAHI, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan hubungan seks bebas di luar nikah karena rawan terhadap penularan penyakit. Pasalnya, data dinkes menunjukkan puluhan warga Cimahi terinfeksi HIV/AIDS akibat perilaku seks menyimpang.

"Untuk tahun ini sampai bulan Juni tercatat ada 20 orang warga Kota Cimahi yang terinfeksi HIV/AIDS. Penyebabnya didominasi oleh hubungan seks bebas, bergonta ganti pasangan, dan seks sesama jenis," kata Pemegang Program HIV-AIDS dan IMS, Dinkes, Kota Cimahi, Mulyono, Kamis (1/12/2021).

Dikatakannya, kasus HIV/AIDS ini ibarat fenomena gunung es yang dikhawatirkan terus bertambah dari data yang dilaporkan. Di Kota Cimahi total kasus yang terdata secara keseluruhan sejak tahun 2005 mencapai 542 orang.

Dari total penderita itu, ada 58 orang yang meninggal dunia. Pada moment Hari AIDs sedunia yang jatuh pada 1 Desember, Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan seks bebas.

"Apalagi dilakukan Lelaki Seks dengan Lelaki (LSL) atau wanita dengan wanita. Kebiasaan itu bisa berakibat fatal terhadap kesehatan, seperti terjangkit HIV/AIDS atau ODHA, yang bisa berakibat meninggal dunia," ujarnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: