Perilaku Menyimpang Penyebab Utama 5.943 Warga Kota Bandung Idap HIV-AIDS

Billy Maulana Finkran ยท Senin, 29 Agustus 2022 - 09:22:00 WIB
Perilaku Menyimpang Penyebab Utama 5.943 Warga Kota Bandung Idap HIV-AIDS
Ketua KPA Kota Bandung Sis Silvia Dewi. (FOTO: iNews/BILLY MAULANA FINKRAN)

BANDUNG, iNews.id - Perilaku menyimpang, seperti hubungan sesama jenis, berganti-ganti pasangan, menggunakkan jasa penjaja seks komersial (PSK), dan menyalahgunakan narkoba, menjadi penyebab utama 5.943 warga Kota Bandung mengidap HIV-AIDS. Data dan fakta itu diungkap Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung.

"Faktor perilaku seksual menyimpang mendominasi penyebab penularan penyakit tersebut," kata Ketua KPA Kota Bandung Sis Silvia Dewi, Senin (29/8/2022).

Ribuan warga Kota Bandung yang mengidap HIV-AIDS tersebut, kata Sis Silvia Dewi, berasal dari beragam latar belakang. Seperti pegawai swasta, mahasiswa, PSK, dan ibu rumah tangga (IRT). Sebagian besar ibu rumah tangga mengidap HIV-AIDS akibat tertular dari suaminya yang melakukan hubungan seksual di luar.

Ketua KPA Kota Bandung menuturkan, data kumulatif 5.943 pengidap HIV-AIDS dari 1991 hingga 2021 itu diperoleh dari Kementerian Kesehatan berdasarkan pendataan yang dicatat oleh petugas di 86 puskesmas atau faskes kesehatan di Kota Bandung.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: