Perbaikan Tempat Ibadah dan Sekolah Harus Diprioritaskan Dalam Penanganan Gempa Cianjur

Agung Bakti Sarasa ยท Sabtu, 03 Desember 2022 - 01:52:00 WIB
Perbaikan Tempat Ibadah dan Sekolah Harus Diprioritaskan Dalam Penanganan Gempa Cianjur
Rumah-rumah warga di Kampung Sarampad, Cianjur, rusak berat akibat gempa Magnitudo 5,6. (FOTO: ANTARA)

BANDUNG, iNews.id - Perbaikan tempat ibadah dan sekolah harus menjadi prioritas dalam penanganan dampak bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Fasilitas umum dan sosial itu harus didahulukan sebelum perbaikan tempat tinggal.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, bantuan rehabilitasi bangunan tidak harus terpaku kepada simulasi yang diberikan pemerintah pusat, yakni, Rp50 juta untuk bangunan rusak berat dan Rp25 juta untuk rusak sedang.

"Tempat ibadah dan sekolah layak mendapat subsidi bantuan lebih besar karena berhubungan dengan kepentingan publik," kata Wagub Jabar saat rapat bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono di Jambu Hall Sari Ater, Kabupaten Subang, Kamis (1/12/2022). 

"Saya berharap kalau rumah ibadah bisa secepatnya dan tidak terpaku dengan Rp50 juta atau Rp25 juta dan lainnya. Harapan kami rumah ibadah ini dibangun sesuai dengan aslinya. Kalau memang memungkinkan, sekolah ingin diprioritaskan juga," ujar Uu Ruzhanul Ulum dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (2/12/2022).

Besaran bantuan yang diberikan untuk rehabilitasi rumah ibadah dan sekolah tersebut, kata Uu, Pemprov Jabar dan pemda kabupaten/kota dapat berpartisipasi.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: