Perajin Mogok Produksi, Pedagang di Lembang Jual Stok Tahu dan Tempe Tersisa

Adi Haryanto · Jumat, 28 Mei 2021 - 22:01:00 WIB
Perajin Mogok Produksi, Pedagang di Lembang Jual Stok Tahu dan Tempe Tersisa
Riyanto, pedagang tahu dan tempe di Pasar Panorama, Lembang, KBB, terpaksa menjual stok tersisa lantaran perajin mogok produksi. (Foto: Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Aksi mogok massal para perajin tahu dan tempe sebagai protes atas melambungnya harga kedelai, membuat pasokan kedua komoditas tersebut ke sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Cimahi terhenti. Para pedagang terpaksa menjual stok tahu dan tempe yang tersisa.

Pedagang mengaku menjual tahu dan tempe tersisa yang dikirim perajin pada Kamis (27/5/2021). "Ini stok yang tersisa yang dikirim kemarin (Kamis). Kalau ini habis, ya buat besok ga bisa jualan karena tahu dan tempe ga ada yang ngirim," kata Riyanto (30), pedagang tahu dan tempe di Pasar Panorama Lembang, Jumat (28/5/2021).

Dia mengemukakan, konsumen masih banyak yang mencari tahu dan tempe. Untuk harga jual ada kenaikan dari sebelumnya. Kenaikan sudah dilakukan sejak beberapa hari yang lalu dan disepakati oleh semua pedagang di Pasar Panorama Lembang.

"Sejak hari Selasa harga udah naik, dari yang asalnya Rp5.000 jadi Rp6.000, yang Rp6.000 jadi Rp6.500 per satuan," ujar Riyanto seraya menyebutkan banyak pelanggan yang keberatan dengan kenaikan harga itu. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: