Penyebab Terjadi Peristiwa Bandung Lautan Api, Rakyat Tak Mau Dijajah Lagi

Agus Warsudi · Selasa, 15 November 2022 - 12:35:00 WIB
Penyebab Terjadi Peristiwa Bandung Lautan Api, Rakyat Tak Mau Dijajah Lagi
Tugu Bandung Lautan Api di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. (FOTO: iNews/JUHPITA MEILANA)

BANDUNG, iNews.id - Setiap 23 Maret, warga Kota Bandung menggelar peringatan peristiwa bersejarah Bandung Lautan Api (BLA). Pada 23 Maret 1946, terjadi peristiwa Kota Bandung menjadi lautan api karena rakyat membakar rumah-rumah mereka sebagai bentuk perlawanan terhadap penjajah Belanda.

Berdasarkan catatan sejarah dari berbagai sumber, istilah Bandung Lautan Api muncul setelah peristiwa itu ditulis wartawan Atje Bastaman. Tulisan Atje Bastaman terbit di Harian Suara Merdeka pada 26 Maret 1946. 

Saat itu, dari atas Bukit Leutik di sekitar Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Ace Bastaman menyaksikan pemandangan api berkobar, membakar Kota Bandung. Peristiwa ini juga mengilhami ismail marzuki untuk membuat lagu Halo Halo Bandung.

Peristiwa Bandung Lautan Api tidak terjadi begitu saja. Dalam catatan sejarah, peristiwa ini telah dirancang oleh Panglima Divisi III TRI Kolonel Abdoel Haris (AH) Nasoetion.

Pertimbangan TNI kala itu, Sekutu dan NICA, tentara Belanda yang telah mendarat di Tanjung Priok, akan menyerbu Kota Bandung. Mereka berniat mendudukkan kembali Belanda di Bandung. 

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: