Pengusaha di Jabar Keluhkan PPKM Darurat, Apindo: Aturannya Ruwet dan Tak Jelas 

Arif Budianto · Jumat, 09 Juli 2021 - 11:29:00 WIB
Pengusaha di Jabar Keluhkan PPKM Darurat, Apindo: Aturannya Ruwet dan Tak Jelas 
Ketua Apindo Jabar Ning Wahyu Astutik. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Pelaku usaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia Jawa Barat (Apindo Jabar) mengeluhkan penerapan aturan PPKM Darurat yang dinilai ruwet karena berbeda-beda. Akibatnya, mereka harus menanggung kerugian lebih besar. 

Ketua Apindo Jabar Ning Wahyu Astutik mengatakan, Apindo Jabar menerima banyak keluhan dari anggota Apindo di berbagai daerah, terkait penerapan PPKM Darurat. Terutama pada tahap pelaksanan, yang dinilai berbeda antara aturan dan penerapan di lapangan.

Penerapan aturan 50 persen operasional di perusahaan esensial misalnya, karyawan yang hendak bekerja terkena penyekatan dan tidak bisa menembus sekat tersebut, sehingga terpaksa balik kanan. Padahal karyawan tersebut sangat dibutuhkan kehadirannya di kantor. 

"Ini terjadi di beberapa tempat misalnya di Depok dan Bogor. Jadi apa syarat mereka boleh melintasi sekat tersebut? Ini jadi ruwet, karena enggak diatur dengan jelas," kata Ning Wahyu Astutik dalam keterangan resmi, Jimat (9/7/2021).

Menurut Ning Wahyu, pengusaha mengalami impact lain dari PPKM ini terkait kesulitan pengusaha dalam mendapatkan material bahan baku, dikarenakan jalan-jalan disekat. Sehingga barang susah sampai on time, selain mereka harus memutar sehingga menjadikan harga bahan baku naik.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: