Pengalaman Pahit Ini Mendorong Kades Sindakerta KBB Minta Kampung Donor

Adi Haryanto ยท Rabu, 20 Januari 2021 - 15:00:00 WIB
Pengalaman Pahit Ini Mendorong Kades Sindakerta KBB Minta Kampung Donor
Kegiatan donor darah. (Foto: Antara)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Kepala Desa (Kades) Sindangkerta, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Eli mengajukan pembentukkan kampung donor di desanya. Keberadaan kampung donor diharapkan bisa mengatasi kendala kesulitan darah bagi warga Sindangkerta.

"Kami ingin di desa ini berdiri kampung donor sebagai solusi ketika warga ada yang butuh darah. Kejadian sebelumnya jadi pelajaran bagi kami, ada warga yang meninggal karena kesulitan mendapatkan donor darah," kata Eli, Rabu (20/1/2021).

Eli menceritakan, dua minggu lalu, seorang warga Sidangkerta yang sakit, meninggal dunia akibat kekurangan darah. Perangkat desa telah berupaya mencari ke Palang Merah Indonesia (PMI) KBB dan rumah sakit, namun darah yang dibutuhkan tidak ada. 

Peristiwa itu menjadi pengalaman pahit bagi Eli. Karena itu, dia ingin ada kampung donor di Desa Sindangkerta agar tidak terjadi lagi peristiwa serupa di kemudian hari. 

"Saya sudah sering bawa pasien ke rumah sakit di Kota Bandung dan KBB, baru kemarin ada warga yang terkendala mendapatkan darah sehingga meninggal," ujarnya. 

Inisiator dan Pendiri Kampung Donor KBB Doding Komarudin mengatakan, Pemdes Sindangkerta ingin mendirikan kampung donor. Saat ini proses pembentukan kampung donor sedang disusun. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2