Pemkot Bandung Bakal Angkat Tenaga Khusus Pengusung Peti Jenazah Covid-19

Arif Budianto ยท Rabu, 27 Januari 2021 - 15:45:00 WIB
Pemkot Bandung Bakal Angkat Tenaga Khusus Pengusung Peti Jenazah Covid-19
Keluarga terpaksa mengusung sendiri peti mati jenazah pasien Covid-19 yang dimakamkan di Cikadut. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bakal mengangkat tenaga khusus pemakaman pasien Covid-19. Langkah ini diambil untuk menghindari pungutan liar (pungli) saat proses pemakaman jenazah di tempat pemakaman khusus pasien Covid-19. 

Jika tenaga khusus tersebut telah bertugas, Pemkot Bandung menjamin, tak ada tambahan biaya untuk proses pemakaman pasien tersebut.

“Pemkot ini sangat suport (mendukung) dan segera menanggulangi persoalan ini. Kemarin (Senin) kami sudah berdiskusi dengan Kadistaru Kota Bandung. Sekarang distaru sedang memformulasikan teknisnya,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung Eric M Attauriq, Rabu (27/1/2021).

Hal itu disampaikan Eric menanggapi polemik jasa mengusung peti jenazah di tempat pemakaman khusus Cikadut yang mematok sejumlah imbalan. Informasi yang dihimpun, jasa angkut dan pemakaman di TPU Cikadut mencapai Rp2 juta. Tarif tersebut membuat masyarakat keberatan.

Eric mengemukakan, telah berkoordinasi agar Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bandung agar bergerak cepat menyiapkan teknis pengaturan petugas pengusung jenazah. Karena sebelumnya tanggung jawab Distaru Kota Bandung hanya menyiapkan lahan dan menggali makam. 

“Dalam beberapa hari ini Distaru menyiapkan SOP-nya termasuk tenaganya. Apakah memberdayakan yang ada atau merekrut tenaga baru. Tapi khusus selama Covid-19 saja,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Distaru Kota Bandung Bambang Suhari tengah menyiapkan upaya agar bisa mengakomodir para pemikul. Mereka akan diberdayakan sebagai tenaga bantuan khusus membantu proses pemikulan selama darurat pandemi Covid-19.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: