Pemkot Bandung Akan Tata Kembali 600 PKL di Kawasan Cicadas

Yogi Pasha ยท Rabu, 17 Oktober 2018 - 15:29 WIB
Pemkot Bandung Akan Tata Kembali 600 PKL di Kawasan Cicadas
Lokasi tempat mangkal PKL di kawasan Cicadas yang akan ditata ulang Pemkot Bandung. (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung segera menata kembali kawasan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di kawasan Cicadas. Sedikitnya ada 600-an PKL yang berdagang di atas trotoar wilayah tersebut.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana yang juga menjabat sebagai Ketua Satgasus PKL mengatakan, penataan kawasan Cicadas akan dilakukan dalam waktu dekat. Nantinya, kawasan yang penuh dengan PKL akan diatur ulang agar wilayah tersebut menjadi lebih nyaman.

"Di sini juga kan ada trotoar yang menjadi hak pejalan kaki. Nah, karena itu kami akan tata kembali agar lebih nyaman," kata Yana, seusai menggelar rapat Satgasus PKL di Balaikota, Rabu (17/10/2018).

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Dia mengungkapkan, penataan yang bakal dilakukan Pemkot Bandung yakni dengan membuatkan tenda. Hal itu agar menunjukkan kesan tak terlihat kumuh. Selain itu, tenda akan dibuat seragam dengan harapan bisa menjadi daya tarik tersendiri.


"Penataan ini juga bertujuan untuk memperindah estetika kota. Kami akan menggunakan tenda knokdown biar seragam," ujarnya.

Selain menata lokasi, pemkot juga akan mengatur produk dagangan yang dijual para pedagang. Misalnya pembagian kawasan untuk jajanan kuliner, pakaian, dan lain sebagainya.

Yana menuturkan, untuk saat ini Pemkot Bandung belum bisa merelokasi 600 PKL Cicadas ke tempat baru. Relokasi kemungkinan baru bisa dilakukan minimal pada 2020 mendatang. "Relokasi kan butuh waktu dan membutuhkan anggaran besar. Untuk sekarang ini tidak mungkin karena APBD 2019 sepertinya tidak memungkinkan untuk relokasi," tuturnya.


Editor : Donald Karouw