Pemerintah Susun Skema Stabilkan Harga, Gabah Karawang Prioritas untuk Diserap

Nilakusuma · Jumat, 02 April 2021 - 18:20:00 WIB
Pemerintah Susun Skema Stabilkan Harga, Gabah Karawang Prioritas untuk Diserap
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengendarai Combine saat panen raya di Karawang. (Foto: iNews.id/Nilakusuma) 

KARAWANG, iNews.id - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyebutkan pemerintah akan menstabilkan harga gabah di tingkat petani dengan penyerapan saat panen raya. Skema penyerapan gabah pun disusun dengan melibatkan instansi terkait agar stabilitas harga tetap terjaga. 

"Nantinya Bulog, dan seluruh kelompok penggilingan padi, perbankan dan Dirjen Ketahanan Pangan bekerjasama. Harapannya bisa menstabilkan harga dan serapan di tingkat petani," kata Yasin Limpo saat berkunjung ke Karawang, Sabtu (2/4/2021).

Menurut Yasin, pemerintah tidak bisa melakukan penyerapan gabah secara menyeluruh karena adanya keterbatasan. Namun, untuk wilayah yang strategis seperti Karawang yang menjadi lumbung padi nasional akan mendapat prioritas penyerapan gabah. Bahkan, Karawang akan menjadi percontohan atau model ke depannya. 

Yasin mengatakan, dalam sebulan ini saja ada 4,1 juta ton gabah yang akan dipanen. Serapan gabah oleh pemerintah harus maksimal untuk menjaga stabilisasi harga. "Iya serapannya harus maksimal karena sedang panen raya," katanya. 

Menurut Yasin, pemerintah daerah harus melakukan gerakan di lapangan dan menggerakan Kostraling hingga tingkat kecamatan. Semua pihak bergerak di masing-masing tingkatan. 

"Pertanian kita itu dinamis sehingga semua pihak harus turun tangan dan bekerjasama," katanya.  

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: