Pemda KBB Tak Respons Antusias Tawaran Hibah 3 Mobil Damkar dari Jepang, Kenapa?

Adi Haryanto · Jumat, 09 Juli 2021 - 15:47:00 WIB
Pemda KBB Tak Respons Antusias Tawaran Hibah 3 Mobil Damkar dari Jepang, Kenapa?
Unit mobil damkar hibah dari Jepang telah tiba diminati oleh Pemda Subang dan Karawang. (Foto: Istimewa)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) tidak menunjukkan respons antusias saat ditawari hibah mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Jepang yang difasilitasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). Sikap itu sangat disayangkan mengingat mobil damkar yang dihibahkan kondisinya masih sangat bagus karena jarang digunakan. 

Sementara di satu sisi armada damkar Pemda KBB sangat minim, kalaupun ada kondisinya rusak. "Kami sudah coba tawarkan ke Pemda KBB mobil hibah itu untuk membantu armada damkarnya yang kondisinya begitu memprihatinkan, tapi responsnya tidak ada," kata pengurus Japan Connection KBB Bob Sofyan, Jumat (9/7/2021).

Bob menyatakan, pihaknya memiliki koneksi yang baik dengan pemerintah Jepang dalam hal pengiriman tenaga kerja terlatih ke negara Sakura. Terlebih orang KBRI Jepang ada yang berasal dari Ciwaruga, Parongpong, KBB, sehingga jalinan kerja sama yang dibangun semakin intens. 

Sebagai warga KBB, muncul inisiatif untuk membantu memberikan hibah kendaraan damkar karena di KBB memang membutuhkan. Sebab jika beli mobil baru harganya bisa miliaran dan bisa menguras APBD. Sementara mobil hibah ini diberikan gratis dan hanya mengganti biaya pengriman dari Jepang ke Bandung.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3