Pelajar SMA di Tasikmalaya Curi Mobil Honda CRV Milik Mantan Kapolda Jabar

Asep Juhariyono · Senin, 06 April 2020 - 21:30 WIB
Pelajar SMA di Tasikmalaya Curi Mobil Honda CRV Milik Mantan Kapolda Jabar
Petugas Polres Tasikmalaya Kota menunjukkan mobil Honda CRV milik mantan kapolda Jabar yang dicuri pelajar SMA. (Foto: iNews/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id - Pelajar SMA di Kota Tasikmalaya ditangkap polisi setelah mencuri mobil milik mantan Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charlian, Senin (6/4/2020).

Pelajar berinisial RO (16) warga Purbatu, Kota Tasikmalaya itu ternyata sudah beberapa kali mencuri kendaraan bermotor. RO sebelumnya diketahui mencuri mobil dan motor dari tempat pencucian kendaraan.

Modus pelaku yang masih di bawah umur ini mengelabuhi pemilik pencucian mobil dengan alasan disuruh pemilik mobil dan motor untuk mengambil mobil yang sudah dicuci oleh pemiliknya. Pelaku terakhir kali melancarkan aksi kejahatannya, Sabtu (4/4/2020) lalu.

Menurut Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya Kota, AKP Yusuf Ruhiman, selain mencuri mobil milik mantan Kapolda Jabar, pelaku juga mencuri mobil toyota yaris milik seorang perempuan di tempat pencucian mobil di wilayah Rajapolah dua pekan lalu dengan modus yang sama.

“Pelaku juga mncuri dua unit sepeda motor yang sedang diservis di bengkel wilayah Kabupaten Ciamis dengan modus disuruh mengambil sepeda motor oleh pemiliknya,” katanya, Senin (6/4/2020).

Berdasarkan pengakuan pelaku, kata dia, aksi kejahatan tersebut hanya untuk dipakai sendiri dan tidak berniat untuk dijual. “Selama dipakai, mobil dan sepeda motor hasil curiannya tersebut diganti pelat nomornya oleh pelaku untuk menghilangkan jejak,” ujarnya.

Akibat perbuatannya itu, pelaku dijerat Pasal 378 kuhp tentang Penipuan dengan ancaman kurungan penjara selama empat tahun.

Selain menangkap pelaku, polisi juga mengamankan dua unit mobil jenis Honda CRV tahun 2016 dan Toyota Yaris, serta dua sepeda motor.

Kepada penyidik, pelaku RO mengatakan, sebelum mencuri mobil terlebih dulu mengintai tempat pencucian mobil sambil menunggu pemiliknya pulang.

Saat mobil selesai dicuci, pelaku masuk ke tempat pencucian mobil dan mengaku disuruh oleh pemiliknya untuk mengambil mobil tersebut.


Editor : Kastolani Marzuki