Pedagang Asongan di Cibadak Sukabumi Menjerit, Kerap Pulang dengan Tangan Hampa

Dharmawan Hadi ยท Rabu, 11 Agustus 2021 - 10:12:00 WIB
Pedagang Asongan di Cibadak Sukabumi Menjerit, Kerap Pulang dengan Tangan Hampa
Pedagang asongan di Cibadak, Sukabumi menjerit. Akibat pandemi dan penerapan PPKM, pendapatan mereka merosot drastis. (Foto: Dharmawan Hadi)

SUKABUMI, iNews.id - Dampak Pandemi Covid-19 dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, termasuk pedagang asongan di Pertigaan Simpang Ratu, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Kondisi serba sulit saat ini, membuat mereka menjerit.

Sebelum pandemi, kepadatan arus lalu lintas di kawasan Cibadak, Sukabumi, membawa berkah bagi mereka dalam mencari nafkah. Namun sejak pandemi dan penerapan beberapa kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat, seperti PSBB dan PPKM, kawasan Cibadak menjadi sepi.

Kondisi ini tentu saja menjadi mimpi buruk bagi para pedagang asongan. Pendapatan mereka merosot drastis. Bahkan terkadang mereka pulang ke rumah dengan tangan hampa.

"Sebelum PPKM darurat, pendapat kami masih bisa menghidupi keluarga di rumah. Namun saat ini, 80 persen pendapat kami berkurang. Bahkan sering pulang ke rumah dengan tangan kosong," kata Herman Sobari, pedagang asongan, Selasa (10/08/2021).

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: