Pascapetaka Susur Sungai Cileueur Ciamis, Simak Tips SELAMAT dari BPBD Jabar

Agus Warsudi · Senin, 18 Oktober 2021 - 14:30:00 WIB
Pascapetaka Susur Sungai Cileueur Ciamis, Simak Tips SELAMAT dari BPBD Jabar
Polres Ciamis melakukan olah TKP di Sungai Cileueur, lokasi 11 siswa MTs Harapan Baru tewas terseret arus dan tenggelam saat susur sungai. (Foto: ANTARA)

BANDUNG, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat turut berduka atas meninggalnya 11 siswa MTs Harapan Baru Pesantren Cijantung, Ciamis akibat terseret arus dan tenggelam di Sungai Cileueur pada Jumat 15 Oktober 2021. Agar peristiwa itu tak terulang, BPBD Jabar menyusun panduan keselamatan selama berkegiatan di alam terbuka.

BPBD Provinsi Jawa Barat merespons kejadian tersebut dengan mengadakan rapat secara daring untuk menyusun Panduan Keselamatan Kegiatan Alam Terbuka.

Rapat yang dilaksanakan pada Minggu, 17 Oktober 2021, dihadiri para struktural BPBD Jabar, Ketua Kwartir Nasional Pramuka Bayu Tresna, perwakilan Forum Pengurangan Risiko Bencana, Wanadri, dan komunitas kebencanaan lainnya.

Hasil dari rapat tersebut, tersusun tujuh poin Pandunan Keselamatan Kegiatan Alam Terbuka yang disebut SELAMAT yang merupakan akronim dari Sumber Daya Manusia, Energi dan Fisik, Lokasi, Alat dan Sarana Prasarana, Managemen, Alam, dan Terapkan Prosedur.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: