Pascalongsor, Batu Besar Disingkirkan, Jalur Garut-Bungbulang Kembali Normal

fani ferdiansyah · Jumat, 25 November 2022 - 14:51:00 WIB
Pascalongsor, Batu Besar Disingkirkan, Jalur Garut-Bungbulang Kembali Normal
Jalur Garut-Bungbulang di kawasan Tagogan Desa Pananjung, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, kembali normal setelah material longsor berupa tanah dan bongkahan batu dibersihkan dari badan jalan. (Foto: Istimewa)

GARUT, iNews.id - Jalan Raya Garut-Bungbulang, kawasan Tagogan, Desa Pananjung, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, akhirnya sudah bisa dilalui masyarakat, Jumat (25/11/2022). Sehari sebelumnya, setengah badan jalan di jalur tersebut sempat tertutup material longsor berupa tanah dan batu berukuran besar. 

Kapolsek Pamulihan Iptu Masrokan mengatakan, kondisi lalu lintas di jalur tersebut kembali normal setelah Pemerintah Provinsi Jawa Barat, melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) diterjunkan untuk mengevakuasi material longsor berupa batu besar yang menutup setengah badan jalan. 

"Untuk menggeser bongkahan batu tidak bisa dilakukan secara manual tetapi harus menggunakan alat berat. Alhamdulilah jalur dari arah Cikajang-Bungbulang demikian sebaliknya saat ini sudah mulai berangsur normal," kata Iptu Masrokan. 

Sebelum alat berat Dinas PU Pemprov Jabar tiba, lanjutnya, aparat kepolisian bersama masyarakat mencoba membersihkan material longsor secara manual. Polisi juga mengatur arus lalin karena pengguna jalan mesti bergantian menggunakan jalan yang tertutup setengah tersebut. 

"Waktu menunggu alat berat bantuan dari pemerintah, kami bersama warga bergotong-royong membersihkan material tanah dengan alat seadanya secara manual," ujarnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: