Pakar ITB Sebut Polusi Udara Indonesia Memburuk dan Berbahaya bagi Kesehatan Manusia

Arif Budianto · Selasa, 02 Agustus 2022 - 15:37:00 WIB
Pakar ITB Sebut Polusi Udara Indonesia Memburuk dan Berbahaya bagi Kesehatan Manusia
Polusi udara di DKI Jakarta. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNews.id - Polusi udara di Indonesia memburuk dan membahayakan kesehatan manusia. Buruknya kualitas udara akibat PM 2,5 mengganggu aktivitas sehari-hari masyarakat, khususnya anak-anak, lansia, pengidap asma, dan bronkitis.

Dosen peneliti di Kelompok Keahlian Pengelolaan Udara dan Limbah Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB Dr Windy mengatakan, konsentrasi rata-rata PM 2,5 (debu udara berukuran lebih kecil dari 2,5 mikron) di Indonesia, yang terukur selama 24 jam, sebesar 80/m3m3. 

Jumlah 80 per m3m3 itu, kata D Windy, sangat tinggi dan melebihi nilai ambang batas yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia di PP 22/2021. Bahkan lima kali lebih tinggi dari nilai ambang batas yang ditetapkan oleh WHO (World Health Organisation).

Karena ukurannya yang sangat kecil, PM 2,5 sangat berbahaya jika terhirup oleh manusia. Tidak hanya dapat masuk ke paru-paru dan sistem kerja jantung, partikulat ini menyebabkan berbagai penyakit dalam, seperti kanker paru, penyakit jantung dan stroke. 

“Sementara itu, ada saudara-saudara kita di daerah lain yang hampir setiap tahun harus menghirup udara 13 kali lebih buruk dari kualitas udara Jakarta,” kata Dr Windy. 

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: