Ilmuwan ITB Ciptakan Lengan Prostesis Bionik, Ini Teknologi Canggih yang Disematkan

Agus Warsudi ยท Senin, 01 Agustus 2022 - 09:19:00 WIB
Ilmuwan ITB Ciptakan Lengan Prostesis Bionik, Ini Teknologi Canggih yang Disematkan
Pengguna lengan bionik ciptaan ilmuwan ITB mengikuti mengikuti lomba balap prostesis internasional Cybathlon Challenge 2022 yang diselengarakan oleh ETH Zurich. (FOTO: ISTIMEWA/ITB.ac.id)

BANDUNG, iNews.id - Ilmuwan Institut Teknologi Bandung (ITB) dari Kelompok Keahlian Sistem Manufaktur Fakultas Teknologi Industri (FTI) berhasil menciptakan lengan prostesis bionik. Lengan bionik ini dilengkapi teknologi canggih untuk membantu para tunadaksa atau difabel atau different abilty (difabel) beraktivitas sehari-hari.

“Tunadaksa itu difable bukan disable. Mereka berbeda dan perbedaan itu harus diterima serta dianggap sebagai potensi keunggulan bukan kekurangan yang harus ditutupi,” kata ilmuwan ITB dari Kelompok Keahlian Sistem Manufaktur Fakultas Teknologi Industri (FTI) Wildan Trusaji ST MT dikutip dari ITB.ac.id.

Wildan Trusaji menyatakan, berbeda dari lengan prostesis dengan desain estetika seperti kulit manusia, tim mengusung desain bionik. Lengan ini mendorong pengguna menerima keadaan dan tidak menutupi sehingga mampu merasa bangga beraktivitas (proud-active).

Lengan prostesis bionik yang diberi nama K22-BP ini dilengkapi versatile gripping technology (patent pending). Dengan teknologi ini, lengan mampu menggenggam berbagai benda. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: