Pakar Geologi ITB: Banyak Pelajaran yang Dipetik dari Bencana Gempa Cianjur

Agus Warsudi ยท Kamis, 24 November 2022 - 17:35:00 WIB
Pakar Geologi ITB: Banyak Pelajaran yang Dipetik dari Bencana Gempa Cianjur
Gedung sekolah hancur akibat gempa bumi M5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur. (FOTO: ANTARA)

"Jika hanya fokus pada yang terluka, lantas mengesampingkan hal-hal vital yang harus dipersiapkan, maka orang yang selamat pun dapat menjadi korban selanjutnya," tuturnya.

Dr Irwan Meilano ST MSc mengatakan, gempa berkekuatan Magnitudo 5.6 di daratan dengan kedalaman 10 km, yang mengguncang Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11/2022), diduga akibat Sesar Cimandiri bergerak.

“Menurut beberapa data yang didapatkan saat ini serta melihat gempa susulan dan kerusakan yang terjadi, penyebab gempa ini adalah Sesar Cimandiri yang membujur dari Teluk Pelabuhanratu sampai Padalarang. Hal ini juga senada dengan perkataan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati,” ucap Dr Irwan Meilano ST MSc.

Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB tersebut menyatakan, Sesar Cimandiri tergolong sesar aktif. Sesar merupakan bidang rekahan di kerak Bumi yang disertai pergeseran, mengalami retakan, atau memiliki celah. 

“Pada sesar ini terdapat akumulasi tegangan tektonik yang menjadi gaya penerus gempa. Jika ditilik melalui pendekatan geologi, juga menunjukkan hal serupa. Sesar ini termasuk sumber gempa independen dan tidak dipengaruhi oleh gempa-gempa sebelumnya sehingga terdapat potensi gempa signifikan terjadi di masa depan,” ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: