Orang Tuanya Meninggal Gegara Ditolak RSUD, Kakak Beradik di Sumedang Jadi Yatim Piatu

Beben HVA · Kamis, 05 Agustus 2021 - 11:49:00 WIB
Orang Tuanya Meninggal Gegara Ditolak RSUD, Kakak Beradik di Sumedang Jadi Yatim Piatu
Voni menunjukkan foto kedua orang tuanya yang meninggal dunia setelah sempat dua kali ditolak rumah sakit di Sumedang. (iNews.Tv/Beben HVA)

SUMEDANG, iNews.id - Kakak beradik asal Kabupaten Sumedang harus menjadi yatim piatu setelah kehilangan kedua orang tuanya yang meninggal dunia secara hampir bersamaan. Mirisnya, orang tuanya meninggal lantaran diduga tak tertangani medis setelah dua kali ditolak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.

Kakak beradik itu, yakni Vini Mayola (19) dan Ashya Giana yang baru berusia 15 bulan. Keduanya warga Dusun Cijolang, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan. Mereka kini tinggal dan diasuh oleh Rasmi, neneknya.  

Vini mengaku, ayahnya meninggal karena penyakit TBC, sedangkan nyawa ibunya juga tak tertolong lantaran menderita kista. Kedua orang tuanya meninggal hanya dalam waktu seminggu.

"Sebelumnya ibu dan bapak sakit dan sempat tidak bisa masuk ke rumah sakit," ujar Vini.

Sementara itu, begitu mendapat kabar, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir langsung mendatangi keluarga almarhum di rumahnya. Orang nomor satu di Kabupaten Sumedang ini datang dengan rombongan sembari membawa sejumlah bantuan.  Kedatangannya tersebut sebagai bentuk empati atas musibah yang terjadi.

Dalam kesempatan itu pun, Dony mengatakan alasan RSUD menolak permintaan keluarga karena saat itu semua layanan rumah sakit ditutup, hanya menerima pasien Covid-19.

"Almarhum meninggal bukan karena Covid-19 tapi penyakit lain. Sebagai wujud empati kita, kebutuhan sehari-hari nanti kita koordinasikan dengan dinas sosial dan tentunya biaya pendidikannya juga kita tanggung," ujar Bupati.

Editor : Asep Supiandi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: