Optimistis, Ridwan Kamil Tunggu Jokowi Deklarasi Kemerdekaan RI dari Covid-19

Agung Bakti Sarasa · Selasa, 17 Agustus 2021 - 14:01:00 WIB
Optimistis, Ridwan Kamil Tunggu Jokowi Deklarasi Kemerdekaan RI dari Covid-19
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menjadi pembicara dalam Webinar Festival Indonesia Tangguh 2021 bertajuk "Daerah Tangguh, Daerah Tumbuh" yang ditayangkan live di iNews.id, Selasa (17/8/2021). (Foto: SINDO/Agung Bakti Sarasa)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil optimistis dengan progres penanganan Covid-19 di Indonesia. Bahkan, dia kini menunggu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan deklarasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dari pandemi Covid-19. 

Ridwan Kamil mengungkapkan hal itu saat menjadi pembicara dalam Festival Indonesia Tangguh 2021 bertajuk "Daerah Tangguh, Daerah Tumbuh" yang ditayangkan live di iNews.id, Selasa (17/8/2021). Dia mengaku sangat menunggu momentum tersebut dan akan sangat bersyukur jika momentum itu segera tiba. 

Harapan Kang Emil itu seiring dengan terus membaiknya penanganan Covid-19, terutama di provinsi yang dipimpinnya. Setelah sempat mencapai puncaknya pasca-Lebaran 2021, tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) rumah sakit rujukan Covid-19 di Jabar kini sudah terjun bebas hingga mencapai 28 persen. 

"Jadi bayangkan, saat puncaknya, (BOR) mencapai 91 persen sampe viral warga dirawat di parkiran, bikin tenda, dan lain lain. Sekarang sudah turun gunung di 28 persen," katanya. 

Kondisi tersebut juga dibarengi dengan percepatan program vaksinasi agar kekebalan komunal atau herd immunity di Jabar segera terwujud. Menurutnya, di awal pelaksanaan program vaksinasi, cakupan vaksinasi Jabar hanya sekitar 50.000 dosis per hari. Seiring berjalannya waktu, angkanya naik signifikan hingga 400.000 dosis per hari. 

"Kita ingin naik empat kali lipat hingga 400.000 dosis per hari, agar target herd immunity dapat tercapai akhir tahun ini," ujarnya. 

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: