Objek Wisata di Bandung Barat Masih Tutup, Ini Penyebabnya

Adi Haryanto ยท Jumat, 13 Agustus 2021 - 16:25:00 WIB
Objek Wisata di Bandung Barat Masih Tutup, Ini Penyebabnya
Objek wisata di KBB masih belum bisa menerima kunjungan wisatawan akibat PPKM Level 4, (Foto: MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Objek wisata di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih harus tutup hingga 16 Agustus 2021. Pasalnya, meski secara penyebaran Covid-19 KBB sudah zona oranye, hingga kini masih menerapkan PPKM Level 4 sesuai aglomerasi Bandung Raya.

"Objek wisata sementara masih tutup, meski sebenarnya KBB sudah zona oranye, tapi masih menerapkan PPKM Level 4. Kalau di Level 2, objek wisata bisa kembali buka, dengan syarat prokes harus ketat," kata Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, KBB, David Oot, Jumat (13/8/2021).

David mengatakan, sesuai dengan SE PPKM Level 4 di wilayah KBB untuk sektor pariwisata memang ada kelonggaran. Namun aturan teknis itu hanya mencakup untuk resto, rumah makan, dan kafe pada area pelayanan terbuka. Pengunjung sudah diperbolehkan dine in atau makan di tempat. 

Itupun dengan syarat carring capasity 25 persen, operasional usaha sampai jam 20.00 WIB, tata layanan satu meja hanya berlaku untuk dua orang, serta dengan waktu lama makan dibatasi 20 menit. Prosedurnya tetap harus memperhatikan protokol kesehatan yang ketat, dan menyiapkan fasilitas penunjang pencegahan Covid-19 juga. 

"Pariwisata itu menghendaki pergerakan manusia, namun sebaliknya Covid-19 menghendaki pembatasan pergerakan manusia, makanya pemerintah sangat ketat mengeluarkan kebijakan pembukaan objek wisata," ujarnya. 

Dia pun selalu mengingatkan kepada para pengelola objek wisata agar menjalankan prokes (3M) yang sangat ketat dan disiplin. Terlebih seperti diketahui saat ini adanya varian baru Covid-19 (varian delta) yang penularannya lebih cepat dari varian sebelumnya. Maka diimbau pelaku industri pariwisata agar lebih berhati-hati dan waspada.

Ketua Harian Satgas Covid-19 KBB, Asep Sodikin menyebutkan, KBB hingga kini masih menerapkan kebijakan seperti penerapan PPKM Level 4. Hal itu mengacu kepada aglomerasi wilayah Bandung Raya dan berdasarkan Inmendagri Nomor 30 tahun 2021. Oleh karenanya kawasan wisata belum bisa dibuka dan menerima kunjungan wisatawan. 

"Kalau mengacu evaluasi dari provinsi KBB sudah di zona oranye. Hanya saja wisata masih belum buka, ada pelonggaran untuk tempat makan dengan kapasitas 25 persen dan batas waktu makan maksimal 20 menit," sebutnya. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: