Ngeri, di Bawah Dua Patung Ini Ditemukan Ratusan Kuburan Anak-anak

Anton Suhartono ยท Jumat, 02 Juli 2021 - 22:55:00 WIB
Ngeri, di Bawah Dua Patung Ini Ditemukan Ratusan Kuburan Anak-anak
Patung Ratu Elizabeth II di Winnipeg, Kanada dirobohkan demonstran. (Foto: Istimewa)

WINNIPEG, iNews.id - Sepandai-pandainya menyimpan bangkai, akhirnya tercium juga bau busuknya. Pepatah itu tepat dipakai untuk menggambarkan peristiwa kelam ratusan tahun silam yang terkuak di Kota Winnipeg, Kanada.

Peristiwa genosida atau praktik pembersihan suku bangsa atau etnis terjadi di kota itu. Kasus ini terungkap setelah ditemukan ratusan makam anak-anak di bawan dua patung terkenal, Ratu Elizabeth II dan Ratu Victoria.

Pengunjuk rasa pun yang meluapkan kemarahan atas temuan makam berisi ratusan kerangka anak-anak bekas sekolah itu, merobohkan kedua patung tersebut. Mereka meneriakkan kecaman atas praktik genosida terhadap suku asli sebelum merobohkan kedua patung tersebut.

Massa bersorak sorai saat patung Ratu Victoria yang berada di luar kantor DPRD Provinsi Manitoba, dirobohkan. Para pengunjuk rasa lalu menendangi patung itu dan menari-nari di sekitarnya.

Ratu Victoria memerintah dari 1837 hingga 1901 saat Kanada menjadi bagian dari Kerajaan Inggris. Patung Ratu Elizabeth II yang berada di dekatnya juga menjadi sasaran. 

Unjuk rasa mendukung anak-anak pribumi yang menjadi korban juga terjadi di Toronto, sementara pawai bertajuk #CancelCanadaDay di Ibu Kota Ottawa diikuti ribuan orang.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: