Nenek Simpan Mayat di Rumah

Neneng Mengurus Mayat Suami dan Putri Layaknya Masih Hidup

Yuwono ยท Selasa, 30 Januari 2018 - 22:31:00 WIB
Neneng Mengurus Mayat Suami dan Putri Layaknya Masih Hidup
Neneng dan putranya

CIMAHI, iNews.id – Aksi Neneng Hatidjah (76) yang menyimpan mayat suami dan putrinya hingga menjadi kerangka, turut didukung oleh putra bungsunya Denny Rohmat (43). Mereka merawat kedua jenazah di rumah layaknya masih hidup. Dalam keterangannya kepada polisi di Mapolsek Cimahi Barat, ibu dan anak itu pun menjelaskan secara rinci alasan mereka melakukan aksi yang menggegerkan masyarakat.

Selama proses interogasi, Neneng Hatidjah dan Denny Rohmat menjawab semua pertanyaan penyidik dengan lancar. Neneng menegaskan, alasannya menyimpan mayat suaminya Nanung Sobana dan putri pertamanya Hera Sri Herawati karena mendapatkan hidayah. Dia dan putranya meyakini mereka akan hidup kembali. Karena itulah, meskipun sudah meninggal, Neneng mengurus keduanya layaknya masih hidup. Setiap sore, dia berdoa sambil membersihkan jenazah suami dan putrinya.

“Setiap tiga hari, saya membersihkan dan mengganti kain alas jenazah karena percaya mereka akan kembali hidup,” kata Neneng, dalam bahasa Sunda kepada petugas di Mapolsek Cimahi Selatan, Selasa (30/1/2018).

"Mereka akan dilahirkan kembali, cuma beda rupa," kata putra Neneng, Denny Rohmat, menambahkan keterangan ibunya.

Kapolsek Cimahi Selatan AKP Sutarman menambahkan, Neneng mengaku mendapatkan hidayah saat salat tahajud selama 40 malam. Neneng mendapat petunjuk untuk tidak menguburkan suami dan anaknya karena keduanya akan kembali hidup menjalani kehidupan yang kedua. Itu pula yang menjadi alasan Neneng tidak mengabarkan kematian suami dan putrinya kepada tetangga dan kerabat.

"Kedua jenazah itu dia rawat, dia bersihkan, dia ganti selimutnya, dia baringkan seperti layaknya orang yang sedang tidur. Ini keterangan dari Ibu Neneng yang dapat kami serap sampai dengan saat ini," kata AKP Sutarman.


AKP Sutarman memaparkan, setelah interogasi, pihaknya akan membawa Neneng Hatidjah dan putra bungsunya Denny Rohmat ke Rumah Sakit Jiwa Cisarua Kabupaten Bandung Barat untuk pemeriksaan kejiwaan. "Kami sudah berkoordinasi dengan pihak RT/RW, Kelurahan Melong, dan Puskesmas Melong Asih agar Ibu Neneng dan putranya Denny kami periksakan ke rumah sakit jiwa," katanya.

Polsek Cimahi Selatan juga masih mendalami kasus penemuan dua kerangka manusia itu. Diberitakan sebelumnya, dua kerangka manusia ditemukan di rumah Neneng Hatidjah di Gang Nusa Indah 6, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, yang dia tinggali bersama putranya Denny Rohmat dan putrinya Erna Rendrasari (48). Neneng menyimpan kerangka suaminya Nanung Sobana (84) yang diduga meninggal pada Desember 2016 dan putrinya Hera Sriherawati (50) diduga meninggal pada Januari 2016.

"Apabila memang kami temukan unsur-unsur pidana, kami akan lakukan proses penyidikan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Saat ini, Ibu Neneng dan anaknya masih berstatus saksi," kata Sutarman.

Editor : Maria Christina