Menko PMK dan Kemensos Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Kawasan Gunung Mas Bogor

Putra Ramadhani Astyawan ยท Kamis, 21 Januari 2021 - 03:44:00 WIB
Menko PMK dan Kemensos Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Kawasan Gunung Mas Bogor
Menko PMK Muhadjir Effendy dan rombongan Kemensos saat meninjau lokasi banjir bandang di Gunung Mas Bogor. (Foto: iNews/Putra Ramadhani Astyawan)

BOGOR, iNews.id - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau banjir bandang di kawasan Gunung Mas, Bogor, Rabu (20/1/2021). Dia datang bersama rombongan Kemensos yang menyalurkan bantuan bagi pengungsi dan korban bencana banjir.

Muhadjir menyebut, tingginya bencana alam yang terjadi di Indonesia akibat dampak badai La Nina.

"Tahun ini kita tahu memang efek badai La Nina mempengaruhi kondisi iklim abnormal. Jadi yang terjadi ini banjir bandang, saya lihat terutama akibat curah hujan yang sangat luar biasa besarnya. Karena bertubi-tubi hujan deras kemudian menciptakan banjir bandang ini," ujar Muhadjir, seusai meninjau lokasi banjir bandang di kawasan Gunung Mas, Kabupaten Bogor, Rabu (20/1/2021).

Dia menambahkan, lingkungan kawasan Gunung Mas yang dikelola PTPN itu masih baik. Hanya saja memang perlu ada penambahan tanaman keras dan perdu di kemiringan tanah ekstrem.

"Sepanjang saya amati termasuk laporan dari dirut PTPN, sebetulnya (lingkungan) masih terawat dengan baik. Hanya tadi saya merekomendasikan segera ada penanaman pohon keras lebih diperbanyak sehingga kondisi lingkungan semakin aman," katanya.

Muhadjir meminta pengelola kawasan Gunung Mas untuk merelokasi warga yang terdampak atau berada di daerah rawan. Hal itu guna meminimalisasi dampak bencana yang bisa terjadi di kemudian hari.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2