Mal Pelayanan Publik Cimahi Resmi Beroperasi, Warga Bisa Urus 159 Perizinan

Adi Haryanto · Selasa, 29 November 2022 - 10:49:00 WIB
Mal Pelayanan Publik Cimahi Resmi Beroperasi, Warga Bisa Urus 159 Perizinan
Menpan RB Abdullah Azwar Anas didampingi penjabat Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan saat meresmikan MPP Kota Cimahi, Senin (28/11/2022). (Foto/Humas Pemkot Cimahi)

CIMAHI, iNews.id - Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Cimahi diresmikan beroperasi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, Senin (28/11/2022). Warga Kota Cimahi bisa mengurus 159 perizinan di MPP dengan pelayanan terpadu dan cepat.

MPP Kota Cimahi yang berada di Jalan Aruman, Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, menjadi MPP ke-77 di Indonesia dan MPP ke-11 di Provinsi Jawa Barat. 

Di sini dihadirkan 159 layanan dari 39 instansi pemerintah, BUMN, BUMD, swasta, dan asosiasi. Seperti 19 instansi Pemkot Cimahi dan 23 instansi vertikal, BUMN, BUMD, swasta dan profesi.

MPP Ciamhi menjadi tempat untuk mengakses segala kebutuhan pelayanan dan perizinan di satu tempat. Gedung empat lantai plus satu parkir basement ini dibangun dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp41 miliar dari nilai pagu anggaran sekitar Rp53 miliar.

"MPP Cimahi ini luar biasa dan harus bisa meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Semoga pengintegrasian pelayanan menjadi lebih mudah, cepat, murah, dan transparan," kata Menpan RB Abdullah Azwar Anas seusai peresmian kepada wartawan. 

Abdullah Azwar Anas meminta Pemkot Cimahi menjadi MPP sebagai pusat pelayanan bagi masyarakat dan terintegrasi dengan sistem digital. Bertahap, Jawa Barat bisa mulai menginisiasi pelayanan MPP digital. 

"Misalnya kartu keluarga (KK) bisa dicetak mandiri, sehingga jika diterapkan di seluruh kelurahan dan kecamatan akan sangat baik," ujar Abdullah Azwar Anas.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: