Macan Tutul Masuk Kebun, Warga Selajambe Kuningan Heboh

Inin nastain ยท Kamis, 10 Februari 2022 - 10:52:00 WIB
Macan Tutul Masuk Kebun, Warga Selajambe Kuningan Heboh
Petugas saat mempersiapkan jebakan. (Foto: KSDA Wilayah III Ciamis)

KUNINGAN, iNews.id - Warga Desa Padahurip, Kecamatan Salajambe, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, sempat dihebohkan kehadiran macan tutul yang masuk kebun milik warga. Macan tutul itu tertangkap kamera berada di daerah perkebunan yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari permukiman.

Temuan itu seperti laporan yang diterima petugas Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah III Ciamis. Dalam laporan itu, beberapa warga mengaku sempat melihat macan tutul dengan ukuran berbeda berada di kebun milik warga. Atas laporan itu, kemungkinan besar terdapat dua macan tutul yang berada di lokasi perkebunan warga itu.

Menindaklanjuti laporan warga, petugas segera melakukan monitoring di lokasi. Dari monitoring itu, di lokasi terlihat  macan tutul berusia sekitar 3 tahun. 

"Dari hasil monitoring benar memang ada macan tutul yang terpantau berada di kebun masyarakat dan posisinya mungkin terjebak dan diam, dalam artian waspada karena berada di lingkungan masyarakat," kata Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah III Ciamis Andi Witria dalam keterangan tertulis yang diterima MPI, Kamis (10/2/2022).

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: